Mengatur Bank di Indonesia, Ini Besaran Gaji Pegawai BI

Untuk kebanyakan lulusan universita, berkarir di Bank Indonesia (BI) menjadi pekerjaan yang didambakan. Mahfum saja, bidang keuangan memang kerap menjadi idaman sebab sektor ini menjanjikan gaji yang cukup bagus. Lebih-lebih sekaliber Bank Indonesia sebagai pemain tunggal bank sentral di Indonesia. Sehingga, wajar jika setiap kali BI menyelenggarakan penerimaan pegawai maka peminat tentu membludak. Setiap formasi yang ada diperebutkan hingga ribuan pelamar. Berapa sih sebenarnya gaji pegawai BI?



Untuk diketahui bersama jika ingin meniti karir di BI, ada beberapa pilihan jalan yang bisa dimasuki yaitu :

1. PCPM

Kepanjangan dari Penerimaan Calon Pegawai Muda. Lazimnya membidik para pelamar dari lulusan baru atau fresh graduate tingkat sarjana atau S2. Saluran ini disiapkan untuk mendidik pegawai muda yang nantinya akan memimpin BI di masa depan. Peserta PCPM yang menamatkan masa pendidikan maka akan otomatis diangkat sebagai asisten manajer. Oleh karena itu, formasi ini dianggap paling bergengsi bila dibanding jalur lain. Jangan heran jika peminat jalur ini hingga ratusan ribu pelamar.

2. MLE

Ialah jalur Multi Entry Level. Saluran ini diperuntukkan bagi pelamar dengan keahlian khusus di bidang tertentu. Oleh karena itu, syarat utamanya yaitu mengantongi pengalaman kerja dalam waktu tertentu.

3. PKWT

PKWT atau Penerimaan Tenaga Kerja Kontrak. Membaca istilah yang digunakan, lowongan ini diperuntukkan bagi pegawai kontrak. Rekrutmen PKWT kebanyakan diselenggarakan ketika BI memerlukan kompetensi khusus untuk rentang waktu tertentu. Umpamanya ketika pelaksanaan proyek atau yang lainnya.

4. Staf

Untuk jalur staf diperuntukkan untuk tugas umum atau non manajerial.

Untuk setiap jalur kendati diperuntukkan bagi pelamar berkualifikasi berbeda, namun BI tak mungkin asal-asalan menentukan sumber daya manusia (SDM) yang akan bekerja. Oleh karena itu, proses rekrutmen yang dilaksanakan juga ketat dan berjenjang. Syarat-syarat yang mesti dilengkapi para pelamar pun tak sedikit.  Selain kemampuan akademis tinggi, setiap pelamar pun harus memiliki integritas yang mencakup komitmen dan loyalitas. Pelamar pun harus memiliki mental pantang menyerah dan mau terus belajar.

Berikut daftar gaji pegawai BI (gaji pokok) :

- Gubernur BI, gaji Rp.41,1 juta/bulan
- Deputi Gubernur Senior BI, gaji Rp.35 juta/bulan
- Deputi Gubernur, gaji Rp.31,9 juta/bulan
- Direktur, gaji Rp.12 juta - Rp.36,6 juta/bulan
- Deputi Direktur, gaji Rp.6,9 juta - Rp.20,4 juta/bulan
- Kepala Bagian, gaji Rp.5,6 juta - Rp.20,9 juta/bulan
- Deputi Kepala Bagian, gaji Rp.3,1 juta - Rp.12,4 juta/bulan
- Kepala Seksi, gaji Rp.2,1 juta - Rp.8,3 juta/bulan
- Staff, gaji Rp.1,7 juta - Rp.4,6 juta/bulan
- Pegawai TU, gaji Rp.800 ribu - Rp.2,1 juta/bulan
- Pegawai Dasar, gaji Rp.500 ribu - Rp.1,4 juta/bulan

Untuk 1 tahun, pegawai BI menerima gaji sebanyak 16 kali dengan rincian gaji reguler 12 kali, Tunjangan Hari Raya (THR) sekali gaji, dan uang insentif tiga kali gaji. Di samping itu ditambah lagi gaji untuk  cuti sebulan dalam 1 tahun. Institusi sebesar BI pastinya hanya mencari para kandidat terbaik untuk menduduki berbagai posisi yang ada. Sebelum mengajukan lamaran ke sana, persiapkan dulu syarat-syaratnya.
Loading...