Mekanisme Cara Mencari Data di BPS

Badan Pusat Statistik (BPS) adalah penyedia data statistik lewat visi yang diperkenalkannya “Pelopor data statistik terpercaya untuk semua”. BPS sebagai lembaga pemerintah berusaha dengan sepenuh hati menyajikan layanan terbaik untuk masyarakat berkenaan dengan data apa saja terutama yang berhubungan dengan data statistik. Statistik merupakan suatu kelompok data berupa angka-angka yang dibuat berbentuk diagram dan/ atau tabel yang mana isinya menjelaskan tentang masalah tertentu. Bagaimana cara mencari data di BPS dengan mudah dan cepat?



Untuk diketahui bahwa BPS menyediakan website resmi yang bisa diakses darimana saja dan kapan saja saat memerlukan data statistik. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mencari data di BPS :

1. Pertama sekali kita tentu harus mendefinisikan data seperti apa yang hendak dibutuhkan, paham data apa yang hendak dicari misalnya data tentang apa, dimana, dan kapan.

2. Tetapkan jangkauan data yang hendak dicari, apakah data-data itu terjadi secara umum untuk semua wilayah Indonesia, hanya Provinsi tertentu, atau kabupaten/kota tertentu saja.

3. Akses situs resmi BPS dengan alamat di www.bps.go.id bila membutuhkan data seluruh Indonesia secara umum, akses ke alamat namaprovinsi.bps.go.id, ganti [namaprovinsi] dengan nama provinsi yang dibutuhkan contohnya bila ingin mencari data yang ada untuk provinsi Maluku maka ketikkan maluku.bps.go.id. Sementara bila ingin mencari data ntuk kabupaten/kota maka bisa mengetikkan [namakabupaten]kab.bps.go.id/[namakota]kota.bps.go.id, misalnya akan mencari data untuk Kabupaten Pati maka ketikkan patikab.bps.go.id, untuk kota semarang adalah semarangkota.bps.go.id.

4. Setiap situs BPS dan turunannya menyediakan patokan tampilan dan menu yang persis sama.

5. Apabila data yang dibutuhkan tak ada maka pengguna bisa menghubungi kantor BPS terdekat (BPS ada hingga jenjang Kabupaten/kota dan akan membuka layanannya tiap hari kerja dari Senin hingga Jumat.

 Masyarakat yang membutuhkan data pun bisa berkonsultasi secara gratis berkenaan dengan ketersediaan data BPS, lewat beberapa channel yaitu :
 
1. Tautan konsultasi online (Jalur utama) dengan mengakses ke https://www.bps.go.id/forum
 
2. Datang langsung ke Ruang Konsultasi : Gedung 2 Lantai 3 dengan alamat Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia, Telp (62-21) 3841195, 3842508, 3810291, Faks (62-21) 3857046 (021) 350-7057.
 
3. Link rekomendasi metadata kegiatan BPS dengan alamat di https://sirusa.bps.go.id/

Apa saja data yang dapat dicari di BPS? Berikut data-data statistik yang bisa digunakan :

1. Sosial dan Kependudukan : Gender, Geografi, Iklim, Indeks Pembangunan Manusia, Kemiskinan dan Ketimpangan, Kependudukan, Kesehatan, Konsumsi dan Pengeluaran, Lingkungan Hidup, Pemerintahan, Pendidikan, Perumahan, Politik dan Keamanan, Potensi Desa, Sosial Budaya, dan Tenaga Kerja.

2. Ekonomi dan Perdagangan : Ekspor-Impor, Energi, Harga Eceran, Harga Perdagangan Besar, Harga Produsen, Industri Besar dan Sedang, Industri Mikro dan Kecil, Inflasi, Input output, ITB-ITK, Keuangan, Komunikasi, Konstruksi, Neraca Arus Dana, Neraca Sosial Ekonomi, Nilai Tukar Petani, Pariwisata, Produk Domestik Bruto (Lapangan Usaha), Produk Domestik Bruto (Pengeluaran), Produk Domestik Regional Bruto (Lapangan Usaha), Produk Domestik Regional Bruto (Pengeluaran), Transportasi, Upah Buruh, dan Usaha Mikro Kecil.

3. Pertanian dan Pertambangan : Hortikultura, Kehutanan, Perikanan, Perkebunan, Pertambangan, Peternakan, dan Tanaman Pangan.

Loading...