Gaji Pegawai BUMN, Cek Gaji Tertingginya

Tak hanya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), berkarir sebagai karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun tetap diincar para lulusan perguruan tinggi. Sudah jamak diketahui jika gaji pegawai BUMN besar ditambah berbagai bentuk tunjangan untuk kehidupan yang sejahtera. Tak sekedar pertimbangan gaji tinggi, berkarir di perusahaan BUMN pun cukup bergengsi terutama beberapa BUMN tertentu. Lalu berapa sih sebenarnya gaji pegawai BUMN di Indonesia?



Masyarakat masih beranggapan jika menjadi PNS atau pegawai BUMN merupakan pekerjaan bergengsi ketimbang bekerja di perusahaan swasta. Ada banyak perusahaan dengan status BUMN meski hanya beberapa berikut ini yang menyediakan gaji tinggi kepada pegawainya. Pilihan BUMN itu mulai dari Pertamina, Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, Garuda Indonesia, Brantas Abipraya, Pelindo I, Jasindo, INTI, Jasa Raharja, PLN, Hutama Karya, TPP, Danareksa, Waskita Karya, PAL Indonesia, Telkom, Telkomsel, Telkom Infomedia, Pupuk Indonesia, Citilink, Indofarma, Bulog, PTPN VII, PTPN III, PTPN VIII, Askrindo, ASEI, Pegadaian, WIKA, Adhi Karya, WIKA Realty, Antam, KAI, Taspen, dan RNI.

Dari banyak pilihan tersebut, berikut info gaji pegawai BUMN dari beberapa perusahaan negara yang besar dengan gaji yang tinggi

1. Pertamina

Tak perlu diragukan lagi apabila BUMN dengan bisnis utama di sektor perminyakan dan gas ini terkenal dengan gajinya yang tinggi. Pertamina memberikan gaji tinggi dengan skema yang bagus yang harapannya para karyawan betah bekerja dan loyal. Standar gaji pegawai BUMN yang satu ini untuk fresh graduate S1 saja besarnya mencapai Rp.8 juta / bulan. Itu belum terhitung pemasukan lain dengan adanya tunjangan macam-macam. Jadi total yang bisa dibawa pulang untuk pegawai Pertamina lulusan S1 bisa mencapai Rp.12 juta / bulan.

2. PLN

BUMN yang logonya petir ini juga diincar banyak lulusan S1 uga dengan pertimbangan gaji yang besar. Untuk diketahui jika pegawai baru lulusan S1 fresh graduate akan digaji kurang lebih Rp.6 juta - Rp.7 juta / bulan. Pastinya fasilitas dan tunjangan antara lain asuransi, kesehatan, rumah dan masih banyak lagi. PLN pun menerapkan skema gaji tinggi jika pegawai mau ditempatkan di daerah kerja Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua.

3. Pelindo

Untuk yang belum tahu, inilah BUMN dengan bisnis pengelolaan pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia. Gaji pegawai BUMN untuk lulusan S1 fresh graduate yang diperoleh kurang lebih Rp.7 juta/ bulan. Menariknya lagi, dalam 1 tahun pegawai Pelindo akan menerima 24 kali gaji. Ada masa percobaan selama 1 tahun bagi pegawai baru sebelum menjadi pegawai tetap.

4. KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salah satu BUMN yang juga prospektif. KAI akan memberikan gaji sampai Rp 12 juta / bulan untuk posisi masinis. Menariknya lagi, tersedia fasilitas pendidikan dengan lama enam bulan s/d satu tahun. Kemudian untuk posisi staf kurang-lebih akan menerima gaji antara Rp.3,5 juta – Rp.6 juta. Belum lagi adanya  berbagai benefit lain antara lain tunjangan anak istri, tunjangan transportasi, tunjangan rumah, tunjangan kinerja, dan beberapa jenis tunjangan lain. Posisi dengan gaji tertinggi adalah Executive Vice President dengan gaji sebanyak Rp 42,5 juta. Kemudian posisi manajemen yang digaji Rp17,9 juta, posisi Senior Manager dengan gaji Rp 28,4 juta, atau posisi General Manager sebesar Rp 28,5 juta. Informasi tentang rekrutmen pegawai KAI dapat dilihat secara online dari link recruitment.kai.id.
Loading...