Manfaat Koperasi Karyawan untuk Perusahaan

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan koperasi untuk karyawan. Pastinya bagi anda yang bekerja di perusahaan atau di pabrik tentu sudah mengenal dengan kata koperasi karyawan. Biasanya para karyawan mengenal koperasi karyawan dengan istilah singkatan kopkar. Kita ketahui selama ini kopkar sudah menjadi tempat dimana karyawan bisa membawa barang baru tanpa membayar. Intinya dapat dikatkan karyawan dapat ngutang di koperasi dan membayar barang tersebut di akhir lewat potong gaji.

Kopkar bisa kita membeli barang perusahaan atau bisa juga karyawan meminjam dan menyimpan uang di koperasi perusahaan. Manfaat adanya koperasi diperusahaan juga untuk mensejahterakan karyawan di peresuhaan. Selain manfaat tersebut, tentunya masih banyak sekali manfaat lain dari koperasi karywan bagi karyawan maupun anggotanya. Di artikel ini akan memaparkan 3 manfaat koperasi karyawan untuk perusahaan atau pabrik. Namun, sebelum masuk ke penjelasan tentang manfaatnya alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu koperasi karyawan sebagai berikut ini.
 Saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan koperasi untuk karyawan Manfaat Koperasi Karyawan untuk Perusahaan

Mengenal Koperasi Karyawan
Koperasi karyawan merupakan koperasi yang letaknya di sebuah pabrik atau perusahaan tertentu. Anggota koperasi karyawan juga berisi para karyawan dari perusahaan. Kopersi karyawan ini tidak seperti koperasi sekolah, melainkan koperasi karyawan ini harus memiliki badan hukum, dan juga harus terdaftar.

Koperasi karyawan biasanya merupakan jenis koperasi jasa karena koperasi ini menyediakan jasa simpan pinjam, ansuransi. Tetapi ada juga koperasi yang menjual atau memasarkan produknya. Tujuan dari koperasi karyawan ini yaitu untuk mengembangkan perekonomian dan serta membantu para karyawan. Ditambah lagi, koperasi ini bersifat terbuka dan sukarela.

Manfaat Koperasi Karyawan untuk Perusahaan
Setiap koperasi pastinya memiliki manfaat, akan tetapi manfaat dari setiap koperasi itu berbeda-beda dengan ciri khas masing-masing untuk itu, ada 3 manfaat koperasi karyawan untuk perusahaan sebagai berikut ini.

1. Menjadi Mitra Strategis Perusahaan
Perusahaan pastinya memiliki kebutuhan tertentu yang tidak dapat dipenuhi secara mendalam. Seperti halnya mengelola kantin untuk kebutuhan karyawan, memberikan pinjaman uang kepada karyawan, mengelola kebersihan dan kebutuhan lain-lainnya yang berkaitan dengan perusahaan ataupun pabrik. Semua itu tidak harus dihandel oleh perusahaan akan tetapi bisa di handel oleh kopkar. Dengan adanya koperasi karyawan ini perusahaan inti tidak perlu khawatir dengan semua itu. Dan koperasi karyawan ini bisa menjadi mitra strategis perusahaan agar lebih mudah dalam berkoordinasi, mengontrol dan juga berkomunikasi.

2. Menambah pengasilan bagi karyawan
Di seluruh perusahaan atau pabrik yang ada di indonesia pastinya ingin menjadikan kesejahteraan pada anggotanya. Seperti halnya memberikan salary, tunjangan atau fasilitas- fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Dengan adanya fasilitas untuk karyawan ini, karyawan dapat fokus dalam perusahaan. Biasanya koperasi karyawan ini selalu memberikan SHU setiap tahunnya kepada anggota. SHU ini menjadi penghasilan tambahan bagi karyawan perusahaan atau pabrik.

3. Para karyawan dapat merasakan rasa memiliki
Dengan adanya rasa memiliki akan menimbukkan rasa cinta pada tempat kerjanya. Dengan adanya koperasi karyawan ini dapat memberikan layanan kepada karyawan. Dengan mengikuti koperasi karyawan pada perusahaan akan menjadi penghubung menjalin komunikasi yang baik kepada atasan dan juga bawahan.

Dari paparan mengenai pengertian koperasi karyawan dan juga manfaat koperasi karyawan untuk perusahaan dapat memberikan gambaran atau jawaban. Semoga ini menjadi manfaat buat anda semua.
Loading...