Informasi Lengkap Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Seperti yang kita ketahui saat ini di Indonesia ada banyak sekali badan usaha yang menyediakan layanan simpan pinjam. Tapi kebanyakan dari masyarakat lebih memilih untuk menggunakan badan usaha koperasi, karena memang koperasi lebih di kenal pro rakyat. Salah satu keunggulannya yaitu bisa dilihat dari suku bunga koperasi simpan pinjam yang relative rendah di bandingkan dengan badan usaha pada umumnya.

Tapi di sisi lain banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk membangun koperasi yang tidak benar menurut agama maupun negara. Lantas apakah ada koperasi yang aman dan halal ? nah anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai koperasi simpan pinjam syariah, dimana sesuai dengan namanya jika koperasi ini mengacu pada syariah dan di jamin aman serta halal. Anda penasaran ? langsung simak saja pembahasan berikut ini.
 Seperti yang kita ketahui saat ini di Indonesia ada banyak sekali badan usaha yang menyed Informasi Lengkap Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Informasi Lengkap Koperasi Simpan Pinjam Syariah
Pengertian koperasi simpan pinjam syariah
Koperasi merupakan sebuah wadah atau badan usaha yang memiliki anggota perorangan atau badan hukum, dimana landasan kegiatannya bertujuan untuk membantu perekonomian rakyat dengan asas kekeluargaan. Untuk pengertian koperasi simpan pinjam syariah yaitu koperasi yang kegiatan usahannya bergerak dalam bidang pembiayaan, simpanan, dan investasi dengan sistem bagi hasil yang sesuai dengan syariah.

Jenis impanan koperasi simpan pinjam syariah
Untuk sistem koperasi simpan pinjam mengenai simpanan di koperasi ini yaitu berasal dari dana yang di percayakan oleh anggota, calon anggota, kepada koperasi simpan pinjam syariah dalam bentuk simpanan atau tabungan dalam waktu yang berjangka. Ada beberapa jenis simpanan di koperasi ini yaitu :

1. Simpanan wadiah yad adh-dhamanah
Ini merupakan simpanan anggota koperasi dimana dengan akad wadiah atau bisa di katakan titipan, tapi tentunya harus sudah mendapat persetujuan dari penyimpan dan pihak koperasi. Karena memang nantinya simpanan ini bisa digunakan untuk kegiatan operasional yang memiliki ketentuan, bahwa penyimpan tidak akan mendapatkan bagi hasil dari simpanannya. Tapi di sisi lain penyimpan akan medapatkan bonus yang jumlahnya di tentukan sesuai kebijakan koperasi.

2. Investasi mudharabah al mutlaqah
Ini merupakan salah satu jenis investasi yang bisa di lakukan oleh anggota. Dimana investasi tersebut sesuai dengan akad mudharabah al-mutlaqah atau investasi anggota akan di manfaatkan secara produktif untuk pembiayaan anggota. Sistem pengelolaanya sudah profesional, dimana penginvestasi akan mendapatkan bagi hasil dari simpanannya sesuai dengan yang sudah di sepakati pada buku rekening.

3. Investasi mudharabah berjangka
Sesuai dengan namanya jika investasi satu ini memiliki akad yang sama dengan pembahasan sebelumnya, tapi yang membedakan yaitu penyetor hanya melakukan investasi sekali dan penarikan dana hanya bisa di lakukan dalam waktu tertentu saja atau sesuai dengan perjanjian antara penyimpan dengan pihak koperasi yang telah di sepakati bersama.

Nah itulah beberapa informasi mengenai salah satu contoh koperasi simpan pinjam yang aman dan halal di gunakan. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba beralih ke koperasi simpan pinjam syariah, karena banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan.
Loading...