Cara Mengetahui Efin Pajak Yang Mudah

Efin digunakan untuk e-filling pajak, baik wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan. Saat ini drijen pajak belum menyediakan fasilitas pendaftaran efin online. Oleh karena itu, banyak orang yang bingung untuk mendapatkannya. Tetapi ada cara mengetahui efin pajak yang lebih mudah. Bahkan tidak perlu antri lama-lama di kantor pajak.

Efin atau electronic filing identification number merupakan nomor identitas yang dikeluarkan oleh directorat jenderal pajak ke wajib pajak untuk proses e-filling pajak. E-filling akan memudahkan wajib pajak untuk melaporkan spt tahunan. Tanpa menggunakan efin ini, anda tidak dapat melaporkan spt miliki anda. Efin harus segera diaktifkan, bila lebih dari 30 hari tidak diaktivasi maka anda harus mengajukan permintaan ulang.
 baik wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan Cara Mengetahui Efin Pajak Yang Mudah

Jika anda lupa dengan nomor efin, jangan langsung panik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui efin pajak. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan:

Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Langsung datangi kantor pelayanan pajak terdekat di kota anda. Tidak harus kantor pelayanan pajak, tempat anda melakukan pendaftaran. Ambilah nomor antrean untuk layanan efin. Biasanya nomor antrian memang beda dengan antrean untuk lapor pajak. Bawalah npwp dan kartu identitas anda. Kemudian isilah formulir efin yang disediakan di kantor pelayanan pajak. Ini akan mempermudah proses pengecekan efin. Prosesnya sangat cepat, kecuali antriannya panjang. Pelayanan ini pun tidak dikenakan biaya sama sekali.

Chat Ke Layanan Pajak

Cara mengetahui efin pajak selanjutnya dengan chat langsung ke layanan pajak. Kunjungi website pajak.go.id. Di bagian kanan bawah, akan ada logo chat pajak. Klik menu tersebut, anda bisa langsung chat dengan petugas pajak. Informasikan ke petugas, bila anda lupa dengan nomor efin anda. Lalu informasikan nomor npwp dan identitas pribadi. Petugas akan melakukan pengecekan dan menginformasi nomor efin milik anda.

Mention atau DM ke twitter @kring_pajak

Bila anda memiliki sosial media twitter, bisa langsung mention atau dm ke twitter @kring_pajak. Akun twitter tersebut merupakan akun resmi miliki dirjen pajak. Anda bisa mention atau direct message. Informasikan nomor npwp dan data diri anda. Ikuti semua instruksi yang diberikan oleh petugas. Supaya lebih aman dan terjaga kerahasiaannya, gunakan layanan direct message. Admin akan menginformasikan nomor efin milik lewat dm

Call Center Kring Pajak

Bila anda tidak memiliki twiter atau malas ke kantor pelayanan pajak. Bisa telepon ke center kring pajak. Telepon ke call center kring pajak nomor 1500200. Ikuti instruksi yang diberikan oleh petugas. Informasikan nomor NPWP dan data diri anda. Petugas akan konfirmasi semua data yang anda miliki. Bila sesuai dengan data yang tersimpan, petugas akan menginformasikan nomor efin yang anda miliki.

Semua layanan diatas, juga bisa digunakan untuk mengetahui informasi pajak. Untuk twitter, chat dan telepon dilayani selama waktu operasional layanan. Yakni setiap hari senin sampai jumat, pukul 08.00 - 16.00. Jangan lupa untuk menyiapkan semua data yang dibutuhkan. Seperti nomor pokok wajib pajak, nama lengkap, alamat yang terdapat di efin, alamat email, nomor telepon dan tahun pajak spt terakhir.

Semua data tersebut diinformasikan ke petugas. Bila data yang diinformasikan sesuai, wajib pajak anda mendapatkan email dari layanan pajak. Mengenai efin dalam bentuk file pdf. File tersebut diproteksi kata sandi yang sudah tercantum di email. Itulah informasi tentang cara mengetahui efin pajak. Semoga bermanfaat.
Loading...