Cara Membuat Manisan Rambutan Nikmat Dan Segar

Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang disebut sebagai manisan. Sebab makanan ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, baik untuk kalangan orang dewasa, muda-mudi atau bahkan anak kecil. Hal ini dikarenakan manisan memiliki cita rasa yang khas dan menyegarkan. Tetapi bagi kamu yang belum tahu, dapat dijabarkan bila manisan adalah buah-buahan yang direndam dalam larutan gula dan rempah selama beberapa waktu tertentu. Sehingga akan menghasilkan rasa yang khas dari buah yang menjadi bahan baku manisan tersebut. Buah-buahan yang menjadi bahan baku pun dapat beraneka macam, nah salah satunya adalah rambutan. Untuk itu bila kamu penasaran mengenai bagaimanan cara membuat manisan rambutan yang nikmat dan segar, baca tutorial di bawah hingga selesai ya!

Langkah-langkah untuk membuat manisan rambutan sebetulnya tidak begitu sulit, sebab caranya sangat simpel dan tidak membutuhkan keahilan ataupun alat-alat tertentu. Yang dibutuhkan hanyalah keuletan ketika membuatnya sehingga manisan akan terasa lebih nikmat. Selain rasanya yang nikmat, ternyata manisan sendiri memiliki fungsi sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Tentunya hal ini merupakan kabar baik, bagi kamu yang sering kehilangan nafsu makan. Untuk itu kamu bisa memahami penjelasan mengenai cara membuat manisan rambutan di bawah ini agar dapat menghasilkan manisan yang enak dan tentu saja menyegarkan. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah tutorial membuat manisan rambutan dengan langkah super mudah.
 Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang disebut sebaga Cara Membuat Manisan Rambutan Nikmat Dan Segar

Cara Membuat Manisan Rambutan Menyegarkan dengan Langkah Mudah

1. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat manisan rambutan yaitu sebagai berikut:

· Buah rambutan sekitar 40 biji

· Jeruk nipis berukuran sedang sebanyak 4 buah

· 6 hingga 7 buah kiamboi/asinan plum kering (opsional)

· Gula sebanyak 2 sdt atau sesuai selera

· Cabe rawit merah sesuai selera

· Garam sesuai selera

· Air 12 sdm atau sesuai selera

2. Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan selanjutnya mengupas buah rambutan, lalu pisahkan dengan bijinya kemudian irislah menjadi dua bagian secara melintang atau dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Letakkan dalam wadah terpisah.

3. Iris cabai secara miring dan tipis.

4. Iris juga jeruk nipis tipis-tipis dan sisakan lainnya sebagai perasan.

5. Campurkan air perasan jeruk limo pada buah rambutan.

6. Kemudian masukkan bahan atau rempah seperti halnya cabe rawit (yang sudah diiris halus), garam dan gula sesuai selera kemudian aduk rata.

7. Tambahkan potongan jeruk nipis serta kiamboi, lalu aduk kembali hingga tercampur rata.

8. Setelah itu diamkanlah dalam lemari es minimal satu jam atau selama beberapa jam untuk mendapatkan kuah yang lebih banyak.

9. Asinan rambutan siap dinikmati.

Nah selesai sudah, itulah dia langkah-langkah mudah untuk membuat manisan rambutan. Bagi kamu yang menyukai pedas dapat menambahkan cabai, atau bagi kamu yang lebih menyukai rasa asam bisa menambah perasan jeruk nipis. Begitupun jika kamu lebih menyukai asin atau manis kamu dapat menambahkan garam dan gula sesuai selera. Dengan begitu manisan yang kamu buat akan bercita rasa pas sesuai dengan keinginan kamu. Sebagai tambahan, bila kamu menginginkan kuah yang lebih banyak maka kamu dapat mendiamkan manisan lebih lama. Dan jangan lupa untuk menaruhnya dalam lemari pendingin agar sensasi segarnya dapat lebih terasa. Sekian tutorial mengenai cara membuat manisan rambutan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba!
Loading...