Minggu, 16 Desember 2018

Cara Melihat Hasil Snmptn 2019/2020

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN, memang sangat dinantikan. Terlebih lagi bagi para generasi penerus bangsa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Perguruan Tinggi Negeri, memang selalu jadi idola. Disamping kualitas, biaya pendidikan juga terhitung lebih murah dibandingkan swasta. Seleksi tahun ini telah selesai dilaksanakan. Menantikan munculnya hasil seleksi, sangat dinantikan. Dan cara melihat hasil SNMPTN jadi buruan.

Setelah melakukan pendaftaran, proses seleksi dan pengumuman segera dinanti. Bukan hanya para pengikut seleksi, orang tua dan keluarga juga tak kalah cemas. Lantas bagaimana cara melihat lolos tidaknya kita dalam seleksi?
 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN Cara Melihat Hasil Snmptn 2019/2020

Dasar Lolos SNMPTN

Sebelum melihat hasil pengumuman, persiapan mental harus dilakukan. Jadi lolos atau tidaknya harus diterima dengan lapang dada. Tetapi perlu diketahui bahwa penerimaan calon mahasiswa mempunyai prinsip mendasar. Prinsip seleksi, dilakukan berdasarkan beberapa hal.

- Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik menggunakan nilai-nilai rapor. Serta hasil prestasi-prestasi akademik yang relevan dengan program studi pilihan.

- Rekam jejak kinerja sekolah juga jadi perhitungan tersendiri.

- Mempergunakan kinerja seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan masing-masing PTN secara akuntable, adil serta transparan.

Sedangkan prinsip seleksi dilakukan melalui beberapa tahapan.

- Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan prodi.

- Pendaftar yang memilih prodi di 2 PTN, jika tidak lulus di PTN 1 akan diseleksi di PTN 2. Berdasarkan urutan prodi serta ketersediaan daya tampung.

Adapun syarat lolos dan diterima PTN lewat jalur SNMPTN, apabila :

- Lulus dalam satuan pendidikan.

- Lulus SNMPT 2019 serta persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Dari prinsip-prinsip tadi, dapat kita prediksi seperti apa peserta yang akan lulus melalui jalur SNMPTN. Pada saat detik-detik pengumuman, biasanya situs resmi SNMPTN sering mengalami error. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna online secara bersamaan.

Cara Melihat Hasil SNMPTN

1. Pertama buka situs pengumuman.snmptn.ac.id.

2. Masukkan nomor pendaftaran atau NISN dalam kolom yang ada. Jangan lupa masukkan tanggal lahir.

3. Segera klik 'Lihat hasil seleksi'. Apakah dinyatakan lulus atau tidak.

Selain diumumkan melalui situs resmi yang dapat dibuka tadi. Pengumuman hasil kelulusan juga akan diumumkan melalui mirror PTN. Adanya laman mirror tersebut, bertujuan agar mengantisipasi kejadian error. Dan berikut ini beberapa daftar situs mirror PTN.

1. Laman mirror UNSYIAH : snmptn.unsyiah.ac.id.

2. Laman mirror UNAND : snmptn.unand.ac.id.

3. Laman mirror UNSRI : snmptn.unsri.ac.id.

4. Laman mirror UI : snmpt.ui.ac.id.

5. Laman mirror IPB : snmptn.ipb.ac.id.

6. Laman mirror ITB : snmptn.itb.ac.id.

7. Laman mirror ITS : snmptn.its.ac.id.

8. Laman mirror UNHAS : snmptn.unhas.ac.id.

9. Laman mirror UNTAN : snmptn.untan.ac.id.

10. Laman mirror UNAIR : snmptn.unair.ac.id.

11. Laman mirror UNDIP : snmptn.undip.ac.id.

12. Laman mirror UGM : snmptn.ugm.ac.id.

Tata cara melihat pengumuman SNMPTN melalui lama mirror, tidak berbeda jauh dengan langkah-langkah melihat pengumuman melalui situs resminya.

Setelah mengetahui cara melihat hasil SNMPTN, kini saatnya kamu melihat lulus atau tidak. bagi yang lulus, melengkapi semua persyaratan masuk secara resmi ke PTN pilihan. Sedangkan yang belum lulus melalui jalur ini, jangan putus asa. Masih dapat masuk melalui jalur SBMPTN maupun melalui SMMPTN Barat melalui jalur mandiri.