Cara Cek Bayar Pajak Motor Via Online

Perkembangan teknologi informasi yang pesat membuat manusia modern hidup semakin mudah. Terlebih sejak munculnya internet, segala aktivitas manusia semakin terjangkau dan semua orang bisa akses dengan waktu yang lebih singkat. Segala aktivitas bisa diakses melalui jaringan internet tak terkecuali bayar pajak motor. Sekarang ini, bayar pajak motor juga bisa dilakukan secara online sehingga jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa menggunakan internet untuk pembayaran dan pengecekan. Cara cek bayar pajak motor secara online sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah dan simpel sehingga anda tidak perlu khawatir jika anda belum memiliki waktu apakah sudah bayar pajak atau belum karena dengan akses internet anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Apa itu bayar pajak kendaraan bermotor?
 Perkembangan teknologi informasi yang pesat membuat manusia modern hidup semakin mudah Cara Cek Bayar Pajak Motor Via Online

Pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan pajak yang dikenakan oleh pemiliki kendaraan yang dioperasikan melalui jalan darat. Besarnya pajak sendiri juga berbeda-beda dan ditentukan oleh 2 faktor seperti faktor nilai dan bobot potensi pencemaran dan kerusakan jalan yang secara relatif ditimbulkan bagi pengguna kendaraan tersebut. Membayar pajak itu sendiri merupakan kewajiban kita sebagai warga Negara dimana hasil pajak tersebut merupakan pendapatan pemerintah. Untuk melihat besarnya pajak kendaraan yang wajib anda bayarkan, anda bisa melihat ke surat tanda nomor kendaraan (STNK) kendaraan anda. Cara melihat cek pajak motor jika anda sudah membayar juga cukup mudah jika menggunakan akses internet.

cara cek bayar pajak motor mudah via internet

Karena jaman semakin canggih, maka kita bisa menggunakan internet untuk mengecek pembayaran pajak motor kita. Dengan begitu, anda tidak perlu bersusah payah pergi keluar dan meninggalkan pekerjaanmu hanya untuk membayar dan mengecek pembayaran pajak. Karena menggunakan internet, Cara cek bayar pajak motor bisa dilakukan menggunakan gadget, paket data, dan sinyal yang oke. Dengan beberapa hal tersebut maka pengecekan akan berlangsung dengan cepat dan sangat mudah. Karena menggunakan internet, maka anda bisa mengaksesnya dengan e-samsat. Pembayaran ini sendiri tidak hanya dilakukan untuk motor saja akan tetapi juga bisa digunakan untuk pajak mobil. Dengan demikian, anda bisa mengakses pembayaran pajak dengan cepat dan tepat.

Cara melihat cek pajak motor ini sendiri bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. sebelum memulai mengecek pajak kendaraan secara online, ada baiknya mempersiapkan paket data internet yang memadai sehingga terkoneksi dengan baik atau jika tidak anda bisa menggunakan wifi sebagai media akses internet

2. kunjungilah situs e-samsat provinsi dimana anda terdaftar

3. Biasanya, kamu akan melihat kolom yang meminta data kendaraanmu dan isilah sesuai dengan plat nomor kendaraanmu

4. Selanjutnya, informasi pajak kendaraanmu akan muncul seperti jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo

5. maka anda bisa mengisikannya.

Selain cara tersebut diatas, anda juga bisa mengecek pajak kendaraan anda melalui aplikasi e-Samsat. Aplikasi ini akan sangat membantu kalian dalam melihat pajak kendaraan anda. Berikut ini caranya:

1. download dan installah aplikasi e-samsat sesuai dengan tempat kendaraanmu terdaftar

2. pilih layanan menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

3. ketiklah informasi plat nomor kendaraanmu

4. informasi mengenai pajak akan muncul mulai dari jumlah pajak kendaraan dan juga tanggal jatuh tempo

Setelah anda mengetahui Cara cek bayar pajak motor dan mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran langsung ke samsat ataupun via online. Untuk online hanya bisa dilakukan di wilayah DKI dan Jawa Timur saja. Demikanlah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek pajak kendaraan bermotor anda.
Loading...