Cara Bikin Rujak Rambutan Yang Enak

Rujak rambutan, manisan rambutan atau asinan rambutan merupakan salah satu olahan rambutan yang sedang popular. Inti dari olahan ini sama yaitu rambutan yang diberi tambahan bumbu pedas manis asam. Hanya setiap orang memberi nama yang berbeda. Banyak orang yang menyukai makanan ini. Apalagi di makan ketika cuaca panas, terasa segar. Cara bikin rujak rambutan ini pun sangat mudah. Tidak butuh bahan dan proses pembuatan yang rumit.

Rambutan merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis. Termasuk indonesia. Buah yang dagingnya berwarna putih, memang enak untuk dikonsumsi. Memiliki rasa yang manis. Walaupun ada beberapa jenis rambutan yang rasanya asam. Rambutan ini juga merupakan jenis buah musiman, sama dengan durian. Yang hanya muncul satu tahun sekali. Musimnya pun hampir sama dengan musim durian.
 manisan rambutan atau asinan rambutan merupakan salah satu olahan rambutan yang sedang po Cara Bikin Rujak Rambutan Yang Enak

Mungkin anda bosan, jika harus makan rambutan tanpa diolah sama sekali. Kenapa tidak mencoba dibuat jadi rusak. Apalagi di rumah anda, ada pohon rambutan sendiri. Jadi tak perlu membeli di toko buah. Langsung memetiknya di olah langsung. Untuk membuat rujak rambutan, paling enak memakai rambutan yang manis dan mudah dilepas dari bijinya. Jenis buah rambutan kelengkeng juga bisa anda gunakan. Jangan gunakan rambutan yang masam dan sulit untuk dilepas, karena tidak enak rasanya. Tak perlu panjang-panjang, mari langsung saja kita bahas tentang cara bikin rujak rambutan yang enak.

Bahan Utama Membuat Rujak Rambutan

· 15 buah rambutan

· 3 buah jeruk nipis atau jeruk sambal

· ½ sendok teh garam

· ¼ sendok makan gula

· 4 buah cabai rawit, atau sesuai selera

· Air secukupnya

Cara Membuat Rujak Rambutan

· Kupas buah rambutan, belah menjadi dua dan ambil bijinya. Inilah alasan kenapa anda harus memakai jenis buah rambutan, yang mudah dilepas dari bijinya

· Dua buah jeruk nipis di peras dan satu buah dipotong tipis-tipis

· Campurkan perasan jeruk nipis, potongan jeruk, garam, gula dan potongan cabai rawit menjadi satu.

· Masukan air kemudian aduk rata. Test rasanya, apakah sudah sesuai selera atau belum. Pastikan ada rasa, asam manis, asin dan pedas menjadi satu.

· Lalu masukan buah rambutan ke dalam air tersebut.

· Simpan ke dalam lemari es selama 1-2 jam.

· Siap dihidangkan.

Untuk rasa pedasnya bisa disesuaikan dengan selera anda. Misal anda suka pedas, bisa menambahkan cabainya. Resep diatas, hanya untuk porsi kecil. Jika anda ingin menjualnya lagi atau dihidangkan ketika acara keluarga. Berarti bumbunya harus ditambah. Cicipi rasanya dan sesuaikan selera. Semua bumbu tersebut harus dimasukan dengan takaran yang tepat.

Lebih lama disimpan di lemari es akan semakin enak. Apalagi di makan ketika cuaca dingin. Selain rambutan, anda juga bisa dicampur dengan buah lainnya. Bisa buah salak, kedongdong, nanas, jambu, bengkoang dan masih banyak lainnya. Tinggal campurkan semua buah tersebut menjadi satu di satu tempat. Lalu dikonsumsi bersama-sama.

Mungkin banyak berpikir, kalau rujak rambutan. Berarti mencampurkan buah rambutan dengan bumbu kacang gula. Lalu diulek. Seperti rujak buah pada umumnya. Tapi untuk rujak rambutan ini agak berbeda. Nama lain dari rujak rambutan adalah asinan rambutan atau manisan rambutan. Anda bisa menyebutnya dengan nama apapun, asalkan rasanya enak. Sekian artikel yang bisa kami sampaikan tentang cara bikin rujak rambutan. Semoga bermanfaat.
Loading...