Tata Cara Login SIM Kehadiran Guru, Lengkap Dengan Cara Mengisi

DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan saat jadi program baru. daftar hadir memang jadi hal biasa, bahkan setiap hari dilakukan para guru dan tenaga kependidikan. Hanya saja saat ini cara absensi dilakukan secara online. mengapa harus dilakukan? Pasalnya daftar hadir tersebut akan dipergunakan untuk menghitung kehadiran guru. Dimana akan dituangkan dalam jenis tunjangan profesi. Jadi cara login SIM kehadiran guru harus dilakukan secara benar. Selain itu, program ini dirancang guna mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi guru.

Dulu pembayaran tunjangan sering terhambat dan terkendala dengan berkas yang ada. Namun semenjak Peraturan Menteri Keuangan (PMK) diubah dengan PMK 112/PMK.07/2017. Menyatakan bahwa tunjangan profesi paling lambat 7 hari setelah uang masuk kekasda dan SKTP terbit. Harus dibayarkan kepada guru. Sehingga tidak ada alasan lagi memperlambat atau menghambat penyaluran tunjangan yang ada.
 DHGTK atau Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan saat jadi program baru Tata Cara Login SIM Kehadiran Guru, Lengkap Dengan Cara Mengisi

Dan kini terlambat tidaknya penyaluran dapat dipantau melalui aplikasi SIMBAR berbasis android. Aplikasi ini akan lounching beberapa waktu lagi. lantas bagaimana cara login SIM kehadiran guru? Simak lebih lanjut!

Tutorial Daftar Hadir Guru

Awalnya laman daftar hadir hanya bisa diakses oleh kepala sekolah serta admin saja. akan tetapi kini semakin meluas, karena dapat diakses oleh Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota. Syaratnya cukup login menggunakan user ID SIMTUN (SIM Tunjangan Profesi). Sedangkan bagi guru, dapat mengetahui data kehadiran menggunakan NUPTK atau NIK. Sayangnya beberapa kendala seperti error sering menghantui. Ternyata bukan hanya link utama, ada beberapa link alternatif. Berikut daftar link utama dan alternatif login SIM kehadiran guru.

1. Link Utama : <http://223.27.144.195:2017/>

2. Link alternatif : <http://223.27.144.196/>

3. Link alternatif : <http://223.27.144.195:7000/>

4. Link alternatif : <http://118.98.166.188/>

5. Link alternatif : <http://223.27.144.195:414/>

6. Link alternatif : <http://223.27.144.195:212/>

7. Link alternatif : <http://118.98.166.188/>

Semua link tersebut dapat dipergunakan untuk mengisi daftar hadir online. dan untuk mencatat kehadiran guru kedalam sistem terdapat dua akses yakni login menggunakan userID kepala sekolah dan userID operator Dapodik. Berikut tata cara login dan mengisi SIM kehadiran guru.

1. Silahkan masuk melalui salah satu link.

2. Masukkan nomor NISP sekolah, userID dan password.

3. Lanjutkan langkah dengan klik 'LOGIN'.

4. Sebelum membuat dan mengisi daftar hadir, pastikan membuat kalender sekolah terlebih dahulu. caranya klik 'tambah baru' atau 'hapus semua' pada kolom template kalender. Jangan lupa tekan simpan.

5. Lanjutkan dengan membuat kalender pendidikan. Pilih semester > bulan > buat daftar hadir > simpan.

6. Setelah daftar hadir dibuat, dapat langsung mengisinya. Caranya cukup memberikan atau menghapus tanda (v). Masuk berarti bertanda v dan tidak hadir kosong.

Catatan penting yang harus diingat, dalam pengisian daftar hadir dalam hadir.gtk.kemendikbud.go.id tidak boleh melebihi tanggal yang sedang berjalan.

Cara login SIM kehadiran guru memang terlihat rumit, tetapi akan terasa mudah bila sudah terbiasa. Karena berkaitan daftar hadir, maka aplikasi ini akan dibuka setiap hari bukan? Guru atau tenaga kependidikan lainnya tetap bisa masuk kedalam link menggunakan NUPTK atau NIK. Hanya saja tidak dapat merubah data didalamnya.
Loading...