Peranan Dan Manfaat Koperasi Unit Desa

Koperasi merupakan badan usaha yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan setiap anggotanya. Dan saat ini ada banyak sekali jenis koperasi mulai dari yang paling kecil sampai koperasi yang besar. contohnya yang paling mudah yaitu koperasi di sekolahan, dimana ini merupakan salah satu jenis koperasi yang pasti ada di dalam sekolah negeri maupun swasta. Karena memang dengan adanya koperasi tersebut akan sangat membantu sekali dalam memenuhi kebutuhan.

Bukan hanya di sekolah saja, tapi koperasi unit desa juga sangat penting sekali dan harus ada di dalam sebuah pedesaan. Dimana koperasi ini memegang peran yang sangat vital dalam membangun desa tersebut agar bisa lebih maju dan berkembang. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat dan peran serta tujuan koperasi unit desa yang mungkin belum anda ketahui. Untuk itu anda perlu menyimak pembahasan ini dengan baik.
 Koperasi merupakan badan usaha yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan setiap anggotan Peranan Dan Manfaat Koperasi Unit Desa

Peran Dan Manfaat Koperasi Unit Desa
Pengertian koperasi unit desa
Koperasi ini pada awalnya di bentuk untuk memenuhi segala macam kebutuhan yang bergerak dalam bidang pertanian di pedesaan. Karena memang mayoritas masyarakat desa bergelut dalam sektor agraris atau pertanian. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, pengembangan kud sudah memiliki berbagai macam kegiatan dan progam yang tidak hanya bergerak dalam bidang pertanian saja.

Tapi KUD juga sudah menyokong kegiatan peternakan, perdagangan, perikanan, kesehatan, pendidikan, kerajinan, dll. Tentunya hal tersebut akan membuat desa menjadi lebih berkembang dan maju. Karena di dalam koperasi ini masyarakat bisa melakukan layanan simpan pinjam, layanan jasa, pemasaran, dan pendistribusian produk. Jadi dalam hal ini KUD bisa di katakan sebagai wadah atau badan usaha yang mendukung penuh terhadap kegiatan masyarakat di desa.

Peran KUD dalam pembangunan desa
Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, dengan adanya visi misi koperasi unit desa tersebut akan membuat masyarakat di desa bisa hidup lebih sejahtera. Karena memang KUD dalam hal ini berperang sangat penting dan vital sekali dalam membangun desa yang nyaman dan makmur. Jadi dalam hal ini KUD memiliki peranan dan manfaat yang sangat besar terhadap perkembangan desa agar tidak kalah maju dengan masyarakat di kota. Karena kebanyakan orang hanya memandang sebelah mata masyarakat desa.

Untuk menunjang hal tersebut KUD tidak bergerak sendiri melainkan sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu contohnya dukungan yang di berikan yaitu dari pemerintah, dimana pemerintah dalam hal ini memberi dukungan dari segi hukum, moril, dan finansial. Dan saat ini hal tersebut sudah menjadi progam pemerintah dalam membangun dan mendorong pembangunan di pedesaan agar lebih maju.

Manfaat dari koperasi unit desa :
  • Sebagai layanan simpan pinjam yang sangat bermayarakat, karena suku bunga yang di tawarkan relative rendah.
  • Sebagai sarana untuk pengembangan SDM.
  • Sebagai saranan untuk mengembangkan dan mendorong pembangunan di desa.
  • Menciptakan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing dengan dunia luar.
Nah jadi itulah pembahasan mengenai peran dan manfaat koperasi unit desa. Jadi dalam hal ini adanya koperasi tersebut sangat membantu sekali dalam memenuhi segalam macam kebutuhan masyarakat yang ada di pedesaan.
Loading...