Cara Mudah Validasi Pip Untuk Operator Sekolah

Cara validasi pip, untuk menjunjang perkembangan pendidikan di Indonesia,maka pemerintah banyak memberikan bantuan kepada para siswa pelajar yang berupa beasiswa dan hal lainnya. Maka dari itu, sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indoenesia, tentunya kita akan memberikan sambutan yang baik terhadap program ini. Salah satu program yang telah terlaksana yaitu PIP yang merupakan singkatan dari program Indonesia Pintar. Namun, untuk dapat menerima beasiswa program tersebut, tentunya ada beberapa syarat yang harus di penuhi dimana salah satunya yaitu validasi PIPI. Namun apa itu validasi PIP? Dan bagaimana cara melakukannya? Berikut ini artikel selengkapnya untuk anda.
 untuk menjunjang perkembangan pendidikan di Indonesia Cara Mudah Validasi Pip Untuk Operator Sekolah

Sebagaimana surat edaran pemerintah, surat edaran direktoran pembinaan sekolah dasar dengan nomor edaran 272.1/D2/TU/2017 mengenai validasi dan verifikasi PIP bahwa pemerintah telah menyalurkan dana kepada 10.362.746 siswa sebagai penerima program PIP. PIP ini akan di salurkan pada 514 kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu,guna merealisasikan program pemerintah ini, setiap operator sekolah harus terlebih dahulu melakukan validasi PIP. Kegunaan validasi ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut apa sekolah tersebut masih layak untuk mendapatkan anggaran PIPI untuk tahun setelahnya. Namun hal ini tentunya bukan merupakan hal yang mudah bagi operator sekolah. Selain itu, tentunya akan sangat memerlukan cara dan tutorial untuk melakukan validasi PIP ini. Oleh karena itu didalam artikel ini akan di suguhkan kepada anda semua lebih lanjut mengenai hal ini.

Langkah-langkah cara validasi pip

Untuk melakukan validasi PIP ini, maka di harapkan masing-masing operator sekolah untuk menvalidasi data dengan membuka laman yang telah di tentukan dengan menggunakan username dan password pada login dapodik dan sebagai berikut ini adalah cara validasi pip yang mudah dan tepat untuk anda.

1. Klik pada laman http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/

2. Setelah itu segera lakukan login dengan menggunakan username dan password yang dimiliki oleh setiap sekolah

3. Setelah masuk maka akan terlihat tampilan dasboard, lalu klik menu validasi data dan silahkan memilih nama siswa yang sekiranya menurut sekolah masih layak untuk mendapatkan anggaran PIP tahun 2019 misalnya. Selain itu, bagi siswa yang sudah tidak layak untuk mendapatkan anggaran PIP, maka segera undate statusnya menjadi tidak layak. Sedangkan untuk alasan tidak layaknya klik pada pilihan aksi dan ubah menjadi tidak.

4. Jika anda mengalami kesalahan dalam mengubah status atau pembatalan tersebut, maka dapat dilakukan yakni dengan cara refresh atau tekan F5 untuk melakukan reload halaman dan anda dapat kembali mengajukan sebagai siswa yang layak untuk mendapatkan anggaran PIP tersebut.

Langkah-langkah diatas merupakan cara validasi pip yang dapat anda lakukan dengan mudah namun dengan menggunakan koneksi internet yang stabil tentunya. Langkah selanjutnya bagi operator sekolah yang ingin mengetahui semua data siwa yang mendapatkan anggaran PIP tersebut, maka hal ini dapat di unduh filenya yang berformat Exel dengan cara klik menu dan donload data.

Demikianlah artikel mengenai cara validasi pip, dengan adanya artikel ini maka di harapkan bagi operator sekolah dapat dengan mudah untuk melakukan verifikasi maupun validasi data siswa yang akan di berikan SK anggran PIP dan untuk merefresh kembali siswa yang dirasa layak ataupun tidak layak untuk menerima anggaran PIP ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya para operator sekolah yang harus mengerjakan tugas ini. Salam operator sekolah!
Loading...