Kamis, 13 September 2018

Mencari Blok RX King Murah? Cek Harganya Di Sini

Dwi Darmadi
Tak mudah meminta para penggemar RX King untuk berpindah ke jenis motor sport 4tak. Meski motor sport 2tak 135 cc ini sudah berhenti diproduksi semenjak 2009 lalu namun kecintaan para penyemplak RX King tak pernah luntur. Banyak komunitas RX King di Indonesia yang masih eksis dan tetap setia dengan motor kencang yang satu ini. Pihak Yamaha Indonesia pun tak lepas tangan meski sudah tak memproduksi. Salah satu bentuknya yaitu tetap memproduksi suku cadang RX King original hingga 2019 mendatang. (10 tahun semenjak dihentikan produksinya).

Harga Blok RX King

Salah satu part yang disediakan adalah blok mesin RX King original. Harga blok RX King Yamaha Genuine Part berkisar Rp.1,5 juta. Ada juga pilihan blok RX King murah asal Thailand. Blok RX King YP1 Thailand biasanya hanya dijual sebesar Rp.750 ribu. Sedangkan blok RX King murah lainnya lagi yang bisa dipilih yaitu seri YP2 dengan banderol hanya Rp.475.000. Satu set blok silinder RX King terdiri dari piston, ring piston, pen piston, ring clip dan bloknya sendiri. Penggunaan blok RX King original tentu lebih disarankan sehingga performa motor bisa diraih secara maksimal.

Ada satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para pengguna berkaitan dengan blok RX King ini. Mengapa piston seri YP RX King utamanya yang diproduksi tahun 2000 ke atas bersuara berisik? Hal ini disebabkan celah liner dan piston memang sengaja dibuat longgar. Persisnya memiliki celah 0,038-0,043 mm. Sementara RX King keluaran sebelum tahun 2000 memiliki celah hanya 0,026-0,028 mm. Dibuat lebih longgar sebab RX King tahun 2000 ke atas mengadopsi YLCS (Yamaha Lubrication Computerized System). Menggunakan teknologi YLCS ini maka oli samping disetel irit. Bila kerenggangan antara piston dan dinding silinder rapat maka ditakutkan akan macet saat panas.

Sementara penggunaan bahannya tetap sama. Cuma kode cetakan yang kini berubah. Kode huruf Y kepanjangan dari Yamaha, sementara angka 1-4 menandakan jumlah cetakan. Dilakukan 4 die and casting yang maksudnya menggunakan 4 mesin cetak silinder. Tahapan produksi blok mesin dengan kode Y ditangani oleh PT YIM (Yamaha Indonesia Manufacturing). Dan sesudah tahun 2000 ditangani oleh YPMI (Yamaha Part Manufacturing Indonesia). Akibatnya kode blok RX King dirubah lagi yang kini menjadi YP-1 hingga YP-4. Sementara proses cetakan tetap memakai mesin yang sudah ada dari dulu cuma proses produksi yang dipindahkan ke YPMI.

Oh ya, pembelian blok RX  King murah bisa dilakukan secara online lho! Di beberapa lapak online seperti bukalapak banyak yang menawarkan part blok RX King baru baik yang genuine maupun yang KW. Bahkan beberapa penjual juga menawarkan blok RX King murah bekas namun orisinal.