Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 20 Agustus 2017

Rahasia Racikan Motor Drag RX King Tercepat 200 km/jam

Motor legendaris Yamaha RX King secara standar saja sudah digdaya dalam hal menangguk kecepatan di track lurus (drag). Apalagi saat kendaraan roda dua dengan julukan "motor jambret" ini dilakukan beberapa sentuhan di bagian mesin pastinya akan melesat bak pesawat tempur. Lalu apa saja sih ubahan yang harus dilakukan untuk mewujudkan sebuah motor drag RX King tercepat dengan kecepatan hingga 200 km/jam?

Motor Drag RX King Tercepat

Motor Drag RX King Tercepat

Perhatian awal yaitu mengganti rasio transmisi menggunakan racikan rapat. Selanjutnya bearing kruk as ditukar dengan yang spesial, tidak lagi C3 atau C4 namun digunakan tipe Hi-Speed. Connecting rod juga diganti dengan yang baru. Agar tak terjadi kebocoran kompresi primer maka seal kruk as di kanan dan kiri harus diganti dengan yang baru. Untuk oli samping dipilih yang terbaik sehingga gampang bercampur dengan bahan bakar, pilihannya adalah mereka Idemitsu.

Mewujudkan sebuah motor drag RX King tercepat dilanjutkan dengan mendesain ulang lubang exhaust setinggi 25 mm hampir mencapai bibir blok. Demikian juga untuk lubang transfer dan bilas harus diperbesar pula. Dimasukkan pula membran VFORCE seri 4.0 yang lebih garang dan bertenaga dengan rumah membran diganti milik Yamaha RXZ agar aliran makin deras. Karburator bawaan pastinya harus dilengserkan dan diganti kepunyaan Honda NSR 150 SP yaitu seri Keihin PE 28mm. Dibuat setingan basah dengan jet ukuran 140 sehingga ketika RPM tinggi piston tak kekurangan pasokan campuran bahan bakar dan pelumas. Untuk kampas kopling kini diberikan 7 lapis dengan per kopling vanadium 5 buah untuk meniadakan efek selip saat meneruskan tenaga.

Untuk dilakukan oversize 1,75 mm lebih besar dengan clearance 0,20 mm. Untuk lubang hisap piston dipangkas terus diberikan lubang di bawah piston. Silinder head dibuat model sirip belimbing dengan pangkasan 0,8 mm. Dengan bahan bakar tetap menggunakan bensin premium, CDI tetap menggunakan bawaan aslinya namun koil diambilkan dari motor Yamaha Yz125. Knalpot motor 2 tak pun termasuk sangat penting, untuk itu dibuatlah tiruan knalpot Noguchi atau knalpot model V3V. Tak ketinggalan adalah meracik perbandingan final gir depan dan belakang sehingga mampu menghasilkan kecepatan maksimal yaitu menggunakan perbandingan 15/37 = 2.466. Dan dari semua racikan korekan di atas, motor drag RX King tercepat ini  mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 36,6 HP.
 

Postingan Populer

DMCA.com Protection Status Top  blogs best personal blogs
best personal blogs
Atas