Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 16 September 2018

Kenali Soket Cdi Rx King Sebelum Melakukan Oprek Mesin !

Dalam sebuah sepeda motor pastilah memiliki sejumlah kabel yang digunakan sebagai perantara yang akan menyalurkan listrik sehingga sebuah motor dapat dijalankan dengan aman. Salah satu fungsi dari adanya kabel –kabel tersebut adalah sebagai pemantik sehingga mesin motor dapat hidup dengan bensin sebagai bahan bakarnya.
 Soket Cdi Rx King 

Kabel – kabel tersebut dinamakan sebagai CDI atau Capacitor Discharge Ignition. Masing – masing motor memiliki soket yang berbeda – beda, namun ada juga yang memiliki soket CDI sama sehingga terkadang anda dapat dengan mudah mensubtitusi soket CDI motor tersebut dengan CDI motor anda. Khusus untuk artikel ini kami akan membantu anda sebagai pemiliki motor legendaris Rx King untuk mengenali soket Cdi Rx King milik anda.

Sebuah motor dengan kondisi yang baik dapat diketahui dengan pengecekan soket CDI secara berkala, caranya yaitu dengan mencabut kemudian mengetes starter, jika dirasa ada yang tidak beres atau bunyi motor menjadi aneh artinya ada sesuatu yang terjadi dengan motor Rx king anda.

Nah, salah satu keunggulan lainnya dari pengetahuan tentang Soket CDI adalah anda dapat mengambil soket CDI motor lain untuk di aplikasikan ke motor anda sendiri tanpa bantuan montir sekalipun. Namun, sebelum melakukannya anda harus benar – benar mengetahui tentang menuju atau terhubung kemana tiap kabel yang terdapat dalam soket CDI motor, karena jika anda salah menyambungkan kabel ke soket maka motor anda bisa langsung rusak. Soket Cdi Rx King biasanya terdiri dari beberapa warna yang mengidentifikasikan fungsi dari soket itu sendiri.

Beberapa warna kabel Soket Cdi Rx King yaitu: 

  • Orange : kabel yang membawa arus ke pemantik perapian atau koil.
  • Hitam : kabel dengan output menuju ke Massa
  • Hitam – putih : arus yang berhubungan langsung dengan Kunci kontak
  • Hitam – Merah : arus Input Spul
  • Putih – Hijau : arus untuk semua Pulser -
  • Putih – Merah : arus untuk Pulser +

Pada dasarnya soket Cdi Rx King tidak jauh berbeda dengan soket Cdi motor lainnya. Mengapa penting mengetahui warna kabel Soket Cdi Rx King ? karena dengan mengetahui warna pada soket CDI motor anda, maka anda dapat mengecek kondisi motor anda sendiri. CDI sendiri merupakan sebuah soket yang langsung menghubungkan dengan sistem perapian motor.

Jadi jika anda mengenal soket CDI motor Rx king anda dengan baik maka anda dapat mengetahui apa – apa yang rusak dan apa yang harus anda lakukan jika sewaktu – waktu motor anda mogok dijalanan. Misalnya jika tiba – tiba motor anda tidak bisa di starter maka anda dapat mengecek koil yakni dengan mencabut kabel berwarna orange dan kemudian memasangnya kembali. Setelah itu anda bisa mencoba melakukan starter atau strater ulang motor anda, dan lihat apa yang terjadi. Jika tak kunjung bisa maka anda harus membawanya ke bengkel segera.
 

Postingan Populer

DMCA.com Protection Status Top  blogs best personal blogs
best personal blogs
Atas