Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 10 Agustus 2017

Pengapian RX King Racing: Penjelasan dan Pembahasan

Komponen dalam motor seperti sistem pengapian RC King Racing memiliki fungsi penting yakni membakar bensin yang sudah terkompresi. Ada syarat untuk menghasilkan tenaga kut dan tepat yakni pengapiannya harus cepat dengan bantukan SDI mumpuni. Sistem pengapian tipe lama dikenal dengan platina atau konvensional.
 Pengapian RX King Racing

Beberapa komponen penting seperti aki, KOIL, pulser, CDI, dan busi sering mengalami malfungsi atau tidak berfungsi karena beberapa sebab. Selain merawat,para pemilik RX King ini harus rajin menguji peforma dari komponen tersebut dengan memakai mutitester dan spark plug tester atau ignition tester. Tetapi keterbatasan bengkel untuk menyediakan alat tersebut membuat para pengguna harus lebih dini mengenai gejala kematian dari beberapa sistem pengapian.

Komponen KOIL memiliki fungsi menggandakan tegangan rendah dari spul menjadi ribuan kilo volt. Jika dilihat secara kasat mata, KOIL ini terdiri dari besi kumparan primer dan sekunder. Jika KOIL mengalami kerusakan maka akan terdekteksi dari besarnya tananan kumparan, jika menyimpang dari aturan atau spesifikasi berarti KOIL sudah mengalami kerusakan. Pertanda dari KOIL mengalami kerusakan adalah pada saat mesin berjalan dalam jarak cukup jauh kemudian api hilang.

Namun rata-rata jika ada masalah pada KOIL api tidak langsung menghilang, dan biasanya dimulai dari mesin susah hidup. Untuk komponen CDI ada ciri khas pada saat harus diganti yakni percikan api pada busi sudah hilang dan sering mbrebet di torsi tinggi. Jika pada kasus ini mesin motor mati total maka kemungkinan ada perangkat elektornik pada CDI mengalami kerusakan. Jika diukur dengan multitester maka tegangan kabel ke KOIL akan hilang sama sekali.

Komponen lainnya dalam pengapian RC King Racing adalah spul atau kumparan pengapian yang berfungsi menyediakan sumber tegangan AC atau bolak balik. Dilihat dari fungsinya memang mirip dengan aki tetapi perbedaannya ada pada tegangan. Satu kendala dari spul ini adalah terbakar atau tidak bisa memproduksi setrum. Jika komponen spul ini mengalami kerusakan maka bisa mengakibatkan mesin mati total. Jika dilihat maka spul akan nampak gosong.

Lalu Komponen pengapian RC King Racing terakhir adalah busi dan pulser. Untuk pulser bermasalah akan mengalami gejala khas yakni motor akan mengalami penyendatan pada saat berjalan. Jika kumparan pada pulser putus maka tidak akan muncul tegangan dan listrik tidak mengalir ke SCR dan CDI, sehingga motor menjadi mogok. Kemudian untuk busi menjadi satu komponen penting dimana gejalanya sudah banyak dikenali yakni mesin susauh dihidupkan.

Meskipun komponen koil memproduksi tegangan tinggi maka eletroda busi tidak akan memunculkan percikan bunga api. Itulah beberapa komponen pengapian pada RX King yang mungkin sangat penting Anda pelajari. Selain mengandarai, seorang pemilik motor harus bisa merawat dan memperhatikan segala permasalahan mesin. Itulah info tentang pengapian RC King Racing terkini, semoga motor anda menjdi lebih baik.
 

Postingan Populer

Atas