Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 24 Agustus 2017

Begini Cara Mengganti Karbu RX King untuk Satria FU

Tidak sedikit penyemplak motor bebek underbone Suzuki Satria F150 tak begitu puas melihat kinerja karburator vakum bawaan tipe Mikuni BS26. Kebanyakan mengeluhkan tarikannya yang jauh dari kata responsif. Sebagai jalan pemecahannya adalah mengganti dengan tipe karburator biasa diantaranya karbu kepunyaan Yamaha RX King. Karbu RX King untuk Satria FU yaitu seri Mikuni VM 26 memiliki beberapa kelebihan diantaranya lubang venturinya yang besar sehingga tarikan akan menjadi enteng sekaligus putaran atas menjadi maksimal.

Cara Mengganti Karbu RX King untuk Satria FU

Cara Mengganti Karbu RX King untuk Satria FU

Namun mengganti karbu RX King untuk Satria FU ini perlu kecermatan sebab tak bisa langsung di pasang plek namun ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan. Tahap-tahap pemasangan Karbu RX King untuk Satria FU ini pertama adalah menempatkan karbu RX King ke arah manipol. Sementara pemasangan selang karet ke kotak filter udara perlu sedikit trik. Pertama tarik selang karet dari dudukannya untuk dilakukan pengeleman. Cabut perlahan-lahan, awas sobek! Sediakan klem baru diameter 2,5 sebab diameter intake karbu RX King ini sedikit berbeda. Karet filter kemudian dilumuri oli sekaligus juga bagian intake karbu. Posisikan karbu RX King dimana lubang intake menghadap atas. Lalu masukkan klem 2,5 tadi ke selang karet filter dan pasangkan seleng ke intake. Kencangkan klem.

Tahap selanjutnya mengganti karbu RX King untuk Satria FU, pasang karbu di manipol. Lakukan pengeleman selang intake ke box filter kemudian klem dikencangkan. Memasang selang vakum di keran bensin bisa menggunakan selang pernapasan yang biasanya disertakan saat membeli karu RX King. Agar diameter selang bisa lebih kecil maka masukkan selang oli samping yang memiliki diameter lebih kecil. Selang tadi kemudian diberi lem superglue dan gunting selang berlebih. Untuk kabel gas tak bisa menggunakan kabel gas bawaan karena model niple yang berbeda. Gunakan saja kabel gas asli RX King.

Untuk penyetelan mainjet dan pilot jet bisa dijelaskan sebagai berikut. Mainjet Karu RX King ukurannya adalah 152 ganti dengan ukuran 122 sementara untuk pilot jet yang semula 42 ganti dengan ukuran 38. Sekrup angin disetel dengan 3,5-4 putaran berlawanan jarum jam sebagai setelan paling pas tanpa gejala mbrebet. Sementara setelan sekrup setelan angin pilot jet digunakan 2,5-2,75 putaran berlawanan jarum jam. Setelah penggantian karbu RX King untuk Satria FU ini terbukti memang lari motor menjadi responsif begitu handle gas diplintir. Namun konsekuensinya jelas di konsumsi bahan bakar yang kini menjadi lebih boros. Kisarannya adalah 1 liter untuk menempuh sekitar 33 km bisa kurang tergantung kondisi jalan dan juga perilaku stop and go. Oh ya, di pasaran harga karbu RX King orisinal buatan Yamaha dilego sekitar Rp.550 ribu.
 

Postingan Populer

DMCA.com Protection Status Top  blogs best personal blogs
best personal blogs
Atas