Selasa, 29 Agustus 2017

Sejarah dan Kelebihan RX King Cobra

Yamaha RX King Cobra lebih dikenal di masyarakat dengan istilah motor jambret karena memang biasa dipakai oleh para penjambret. Namun di samping label negatif tersebut, motor ini memiliki sejarah yang cukup panjang.
RX King Cobra

Selain itu, kelebihan RX King Cobra juga membuatnya menjadi sepeda motor yang cukup difavoritkan di masanya. Kini, di tengah perkembangan motor-motor merk serta seri baru yang lebih canggih, penggemar RX King Cobra ternyata masing bisa ditemukan. Motor ini terutama banyak digunakan sebagai bahan modifikasi.

Tren memodifikasi Yamaha RX King Cobra juga terus bergulir guna menambah performa atau sekedar meningkatkan tampilannya. Berbagai kelebihan RX King Cobra dimulai dari tahun pertama ia diproduksi, yakni pada 1983. Cukup lama, bukan? RX King sendiri merupakan jelmaan dari seri terdahulu bernama Yamaha RX K yang cukup populer berkat ketangguhan mesinnya.

Yamaha RX King telah mengalami hingga tiga kali transformasi. Pertama, pada generasi yang pertama dikenal dengan nama King Cobra karena desainnya yang khas pada bagian stang yang menyerupai leher dari ular kobra. Di masa itu, model stang ini memang tengah menjadi tren, dan merupakah kelebihan RX King Cobra yang begitu menonjol. Model ini pertama dirilis pada 1983 sampai 1991.

Untuk generasi keduanya dikenal dengan nama King Master. Model ini dirilis pada 1992 dan berakhir pada 2001. Berbagai kelebihan RX King Cobra semakin disempurnakan dalam model terbarunya atau generasi ketiga yang dikenal dengan istilah New King. Salah satunya dan yang paling utama ialah motor menjadi lebih ramah lingkungan dengan adanya sertifikat lulus tes standar dari EURO.

Dengan semua kelebihan ini menjadikannya sebagai motor yang populer dan diminati bahkan sampai saat ini. Kelebihan utamanya terutama terletak pada akselerasi yang mantap walau kecepatan maksimal masih terbilang kalah apabila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

Untuk membuatnya kian tampil modern, seringkali akan dilakukan berbagai modifikasi pada body motor. Modifikasi yang umum dilakukan adalah mengecat body motor dengan warna merah menyala agar tampilannya kian nyentrik serta macho di atas aspal.

Modifikasi juga bisa diterapkan di bagian tangi dengan cara menambahkan pola atau warna yang memikat mata. Gaya elegan pun dapat ditampilkan RX King Cobra melalui modifikasi knalpot khusus berbahan Galvanis. Pemilihan knalpot yang sesuai akan membuat suara motor terdengar makin mantap.

Komponen lain yang bisa diganti untuk menambah kelebihan RX King Cobra adalah shock breaker serta shock absorber. Khusus untuk shock absorber, bisa diganti dengan menggunakan shock tunggal dari Yamaha V-Ixion. Selain meningkatkan performa, tampilan motor pun dapat seratus persen berubah menjadi seperti motor baru atau lebih sesuai dengan kepribadian penggunanya.
Sejarah dan Kelebihan RX King Cobra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riski Johan